Tuesday, September 8, 2009

Merek mempengaruhi nilai saham

Dalam menentukan nilai saham PT Aqua Golden Missisipi Tbk (AQUA) salah satunya dipengaruhi merk (brand) AQUA sebagai produk. Penilaian saham masih dilakukan dengan rencana perseroan untuk go private.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) Hamid Yusuf, di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Selasa (4/8). "Merek itu salah satu aset yang bernilai intangible, makanya harus dimasukkan dalam penilaian saham," ujarnya.

Hamid menjelaskan, AQUA merupakan merk yang sudah terkenal sehingga akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi nilai saham. "Hanya saja metode penilaiannya harus dipisah dari penilaian aset," ujarnya.

Sementara mengenai nilai saham, tidak ada batasan maksimal atas dibanding harga pasar saham. "Kalau untuk delisting tidak ada batasannya berapa, lain halnya kalau untuk akuisisi baru ada batasan maksimal 10%-20% dari harga sahamnya. Itu ada aturannya," ujarnya.

Penentuan nilai saham, menurut Hamid ditentukan berdasar metode berbasis pasar dan metode berbasis kinerja perseroan termasuk proyeksi ke depannya. "Kalau untuk menentukan nilai saham diambil keduanya, lalu dirumuskan," ujarnya.

Hamid mengaku, pihaknya tidak turut campur dalam penilaian saham AQUA. "Mereka (AQUA) menunjuk penilai sendiri, anggota kami, kecuali kalau nanti ada masalah baru kita akan turun tangan," ujarnya.

Sebelumnya, Senior Partner Truscel Capital Saiful M Ruky, menyatakan pihaknya belum menyelesaikan penilaian saham AQUA. "Progressnya baru 75%, tinggal penilaian brand. Rencana paling lambat akhir pekan kita kasih hasilnya ke manajemen (AQUA)," ujarnya ketika dihubungi INILAH.COM.

Saiful menjelaskan, nilai harga saham berdasar penilaian pihaknya tidak berbeda jauh dengan penawaran yang pernah dilakukan manajemen AQUA kepada investornya beberapa waktu lalu. "Tidak berbeda jauh, tapi angkanya saya belum bisa bilang," ujarnya.

Sebelumnya, AQUA berencana untuk meninggalkan lantai bursa efek Indonesia pada tahun ini dan menjadi perusahaan tertutup.
http://www.inilah.com/berita/ekonomi/2009/08/04/137279/mappi-merek-aqua-ikut-tentukan-nilai-saham/